MAKASSAR—Majalah Makassar Terkini kembali menggelar Malam Puncak Penganugerahan Master Service Award 2012 pada Kamis, 5 Juli, dirangkai dengan perayaaan HUT Makassar Terkini ke 9.
Project Manager Makassar Research Andi Alamsyah Karim mengatakan, Master Service Award
merupakan penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang ada di kota
Makassar, yang telah memberikan pelayanan terbaik berdasarkan pilihan
masyarakat di kota ini berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh
lembaga riset sosial dan pemasaran independen, Makassar Research.
“Kepuasan pelanggan telah menjadi titik kritis bagi perusahaan, untuk
dapat mempertahankan kepemimpinannya di pasar. Bahkan seiring dengan
perkembangan dunia servis di Indonesia, kini para penyedia jasa dituntut
tidak hanya sekedar memberikan layanan yang sesuai dengan ekspektasi
konsumen, namun telah menjadi beyond expectation dari para konsumen. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan, acara ini digelar di Makassar,” papar Alamsyah, Selasa, 3 Juli.
Menurutnya, survei Master Service Award 2012 dilakukan di
dalam kota Makassar, melibatkan 1.000 responden yang bermukim di 14
kecamatan yang ada. Proses survei dilakukan dalam periode waktu antara
Maret hingga Mei 2012. Metode sampling yang digunakan adalah Multistage Random Sampling.
Kriteria yang ditetapkan sebagai responden adalah, penduduk tetap kota
Makassar atau penduduk yang telah bermukim di kota Makassar lebih dari
12 bulan, gender pria atau wanita dengan usia antara 20 hingga 55 tahun, dengan tingkat Social Economic
Status (SES) antara SES E dengan minimal pengeluaran Rp750.000 per
bulan hingga SES A lebih dari Rp3.500.000 per bulan. Untuk tahun ini,
ada 56 kategori industri yang diriset. Tahun lalu hanya 48 kategori
industri saja.
Metodologi penelitian menggunakan penelitian descriptive,
yang dilakukan dengan tujuan memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor
yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang prima.
Penelitian ini untuk mengetahui beberapa aspek pelayanan diantaranya,
berdasarkan bentuk karakteristik fisik tempat penyedia pelayanan (tangible), berdasarkan kecepatan dan ketepatan proses pelayanan (process), dan berdasarkan kualitas staf yang berinteraksi dengan pelanggan (people).
Ketiga parameter penelitian diatas digunakan untuk menentukan nilai atau index
terhadap sebuah pelayanan, dengan menghitung nilai rerata pelayanan
perusahaan terhadap nilai rerata dari keseluruhan industri dari tiap
kategori. Nilai parameter ini dinamakan Master Service Index. Adapun kriteria yang ditetapkan Makassar Research dalam menentukan sebuah perusahaan berhak mendapatkan Master Service Award adalah, Master Service Index
di atas nilai rata-rata industri kategorinya, dan perusahaan-perusahaan
yang menurut hasil riset berada pada urutan tiga teratas dalam
kategorinya. (K46)
sumber :
http://www.bisnis-kti.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar