Jumat, 06 Juli 2012

MAKASSAR TERKINI—Kembali Gelar Master Service Award 2012

MAKASSAR—Majalah Makassar Terkini kembali menggelar Malam Puncak Penganugerahan Master Service Award 2012 pada Kamis, 5 Juli, dirangkai dengan perayaaan HUT Makassar Terkini ke 9.

Project Manager Makassar Research Andi Alamsyah Karim mengatakan, Master Service Award merupakan penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang ada di kota Makassar, yang telah memberikan pelayanan terbaik berdasarkan pilihan masyarakat di kota ini berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh lembaga riset sosial dan pemasaran independen, Makassar Research.

“Kepuasan pelanggan telah menjadi titik kritis bagi perusahaan, untuk dapat mempertahankan kepemimpinannya di pasar. Bahkan seiring dengan perkembangan dunia servis di Indonesia, kini para penyedia jasa dituntut tidak hanya sekedar memberikan layanan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen, namun telah menjadi beyond expectation dari para konsumen. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan, acara ini digelar di Makassar,” papar Alamsyah, Selasa, 3 Juli.

Menurutnya, survei Master Service Award 2012 dilakukan di dalam kota Makassar, melibatkan 1.000 responden yang bermukim di 14 kecamatan yang ada. Proses survei dilakukan dalam periode waktu antara Maret hingga Mei 2012. Metode sampling yang digunakan adalah Multistage Random Sampling. Kriteria yang ditetapkan sebagai responden adalah, penduduk tetap kota Makassar atau penduduk yang telah bermukim di kota Makassar lebih dari 12 bulan, gender pria atau wanita dengan usia antara 20 hingga 55 tahun, dengan tingkat Social Economic Status (SES) antara SES E dengan minimal pengeluaran Rp750.000 per bulan hingga SES A lebih dari Rp3.500.000 per bulan. Untuk tahun ini, ada 56 kategori industri yang diriset. Tahun lalu hanya 48 kategori industri saja.

Metodologi penelitian menggunakan penelitian descriptive, yang dilakukan dengan tujuan memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang prima. Penelitian ini untuk mengetahui beberapa aspek pelayanan diantaranya, berdasarkan bentuk karakteristik fisik tempat penyedia pelayanan (tangible), berdasarkan kecepatan dan ketepatan proses pelayanan (process), dan berdasarkan kualitas staf yang berinteraksi dengan pelanggan (people).

Ketiga parameter penelitian diatas digunakan untuk menentukan nilai atau index terhadap sebuah pelayanan, dengan menghitung nilai rerata pelayanan perusahaan terhadap nilai rerata dari keseluruhan industri dari tiap kategori. Nilai parameter ini dinamakan Master Service Index. Adapun kriteria yang ditetapkan Makassar Research dalam menentukan sebuah perusahaan berhak mendapatkan Master Service Award adalah, Master Service Index di atas nilai rata-rata industri kategorinya, dan perusahaan-perusahaan yang menurut hasil riset berada pada urutan tiga teratas dalam kategorinya. (K46)

sumber :
http://www.bisnis-kti.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar