Kamis, 01 November 2012

Makassar Most Favourite Award Culinary 2012


Kondisi Kota Makassar yang semakin kondusif membuat para investor berani berinvestasi di Kota Angin Mamiri ini. Hal ini membuat pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar  menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu jenis investasi bisnis yang sangat terlihat adalah dalam bisnis kuliner. Beragam jenis makanan dan minuman dari suatu daerah tertentu, dapat dengan mudah ditemui di kota ini. Para pelaku bisnis kuliner di kota ini berlomba menawarkan produk mereka melalui berbagai media promosi untuk menarik para penikmat kuliner agar membeli dan mencicipi menu yang mereka tawarkan.

Melihat fenomena ini, dan melanjutkan sukses Makassar Most Favourite Culinary Aword 2010 dan 2011, Majalah Makassar Terkini menggandeng lembaga Riset Independen “ Makassar Research “ untuk melakukan riset dengan tujuan memperoleh informasi tentang tempat kuliner terfavorit di Kota Makassar tahun 2012. Makassar Research melibatkan 300 Responden dalam riset ini. Kuesioner digunakan sebagai instrument pengumpul  data dengan melakukan wawancara langsung  (face of face interview) kepada 300 orang Supervisor / Manager yang bekerja di Kota massar. 

Pemilihan sample 300 responden diambil dengan metode purposive random sampling. Ada beberapa batasan yang harus dipenuhi oleh calon responden, yaitu : responden adalah penduduk tetap kota Makassar yang telah bermukim minimal 1 tahun, pria atau wanita, berumur 20 – 55 tahun, bekerja di sebuah kantor atau perusahaan dengan jabatan supervisor atau namager,dan pengeluaran rumah tangga di atas Rp. 2.500.000,- per bulan. Indikator penilaian tempat kuliner terfavorit di Kota Makassar  dirumuskan dengan menggunakan Most  Favourite Index (MFI) yang diformulasikan melalui variable  tunggal, yaitu tempat makan terfavorit  berdasarkan 60 jenis makanan dan minuman. Nilai MFI dihasilkan dengan metode descriptif statistic.

Untuk metode Makassar Most Favourite Award Culinary 2012 di masing-masing kategeri makanan dan minuman, ada beberapa criteria yang harus terpenuhi, yaitu:
  1. Tempat Kuliner yang memperoleh Nilai MFI minimal 10%
  2. Tempat Kuliner yang berada pada 3 (tiga) tertinggi di masing-masing kategori makanan dan minuman.

Para Pemenang Makassar Most Favourite Award Culinary 2012 dierikan piagam penghargaan pada Awarding Nigh MMF Award Culinary 2012, Kamis 18 Oktober 2012 di Makassar Golden Hotel. (Salmawati/Salmah Sumayya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar