Sabtu, 09 Juni 2012

PT. Pos Indonesia Masuk Kategori Master Service 2012


PT. POS Indonesia, berdasarkan hasil survey Makassar Research tahun 2012 masuk dalam kategori master service 2012. Survei Master Service dilakukan dalam lingkup wilayah kota Makassar, dengan melibatkan 1000 responden. Ini menunjukkan bahwa PT. Pos Indonesia khususnya yang ada di Makassar telah memberikan pelayanan yang terbaik.

PT. Pos Indonesia didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.

Pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

Dengan seiring berjalannya waktu, kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar.
Penulis : Susana Irwan
Editor : Salmawati

PT Hadji Kalla Masuk Kategori Master Service 2012


PT. Hadji Kalla merupakan perusahaan induk yang menaungi Grup Hadji Kalla, berdiri pada tahun 1952 dan bergerak di Sektor otomotif serta perdagangan. Tahun 1969, PT. Hadji Kalla menjadi agen tunggal pemasaran mobil Toyota untuk daerah Sulawesi Selatan, Tengah dan Tenggara. Berkat prestasi yang dicapainya dalam penjualan kendaraan penumpang dan komersial, perusahaan ini sering memperoleh Triple Crown Award, dari Toyota Corporation, Jepang. Melalui 18 cabang yang tersebar di seluruh Sulawesi, PT Hadji Kalla menerapkan Standar Toyota dalam beroperasi meliputi penjualan, servis dan penyediaan suku cadang atau yang lazim disebut 3S - Sales, Service, Spare Parts.

PT Hadji Kalla yang merupakan dealer Toyota untuk Sulsel, Sulteng dan Sultra berhasil mencatat rekor persentase 'market share' yang terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Dealer ini menguasai 42 persen pangsa pasar mobil di Sulsel. Dengan demikian, PT Hadji Kalla berhasil melewati tingkat penjualan dealer di Indonesia yang rata-rata mencatat angka penjualan sampai 30 persen, bahkan persentase pencapaian yang dicatat perusahaan yang berkantor pusat di Makassar ini lebih tinggi dibandingkan dengan persentase penjualan di Jepang, tempat di mana kantor pusat Toyota Motor Corporation berada, yang mencatat 'market share' 40 persen.

Dengan memiliki dealer yang cukup di besar di Indonesia, aksesoris produk yang terlengkap. Baru-baru ini PT. Hadji Kalla telah memberikan pelayanan dan kepuasan bagi pelanggan, PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) selaku main dealer kendaraan Toyota di Makassar resmi menambah jaringan bengkelnya, Pembukaan bengkel yang masuk dalam rencana pengembangan bisnis Toyota di 2012 ini sebagai wujud komitmen untuk menjaga layanan purna jual kendaraan di Kota Makassar mencapai 600 unit untuk per bulan dan target dari Toyota Sendiri ditahun 2012 ini menargetkan 20.000 unit selama tahun 2012 ini.

Kini, PT Hadji Kalla kembali terpilih meraih Master Service Award, dalam kategori dealer mobil baru dengan MSI 4.455, yang dilakukan oleh lembaga riset berdasarkan hasil survey Makassar Research, ini mewujudkan bentuk pelayanan dan kepuasaan bagi setiap pelanggan/ customer atau pecinta produk tersebut.
Penulis : Susana Irwan
Editor : Salmawati

Rabu, 06 Juni 2012

Penghargaan Master Service Award 2012 Berlangsung Juli


Penganugerahan penghargaan Master Service Award 2012 rencananya akan berlangsung pada Juli 2012 mendatang. Master Service Award merupakan penghargaan kepada perusahaan yang telah diakui oleh masyarakat Makassar dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Penghargaan Master Service Award 2012 ini berdasarkan hasil kerja sama Majalah Makassar Terkini dan Makassar Research. 

Survey tersebut dilakukan dalam lingkup kota Makassar di 14 kecamatan dengan melibatkan 1000 responden. Metodologi pengumpulan data sendiri dilakukan dengan melalui wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. 

Malam penganugerahan penghargaan akan dilaksanakan pada 5 Juli 2012 bertempat di Hotel Sahid Jaya Makassar. Dengan berkonsep party awarding night, event yang sangat ekslusif, elegan dengan berbagai hiburan yang sangat meriah serta berkesan bagi para pemenang Master Service Award 2012 beserta undangan dan awak media.

Penghargaan Master Service Award 2012 diberikan langsung oleh Adhi santoso BBA,MM selaku  penggagas Master Service Award sekaligus pimpinan Makassar Terkini, dan didampingi oleh GM Makassar Research, Dian Arum Tunggasari. 

Penghargaan Master service Award 2012 ini menjadi tolok ukur bagi para pelaku industri di Indonesia khususnya di Kota Makassar dalam meningkatkan kualitas layanan mereka. 

Penulis : Susana Irwan
Editor  : Salmawati

143 Perusahaan masuk kategori Master Service 2012


Berdasarkan riset Makassar Research, dari 55 kategori industri yang disurvey pada tahun 2012 diperoleh hasil sebanyak 144 perusahaan masuk kategori Master Service 2012. Adapun perusahaan tersebut antara lain :
  1. Dealer Mobil Baru ( Toyota Hadji Kalla, Daihatsu Astra internasional)
  2. Dealer Motor Baru ( Duta Motor, Daihatsu Astra Internasional, Seram Abadi Motor)
  3. Bengkel Mobil ( Toyota Hadji Kalla, Daihatsu Astra Internasional)
  4. Bengkel Resmi Motor (Suraco Jaya Abadi Motor, Seram Abadi Motor, Honda Astra Internasional
  5. Taksi (Taksi Bosowa, Taksi Putra, Metro Makassar Taxi)
  6. Car Wash (Cling Auto Car Spa, badi Car Salon, Auto Clean)
  7. Jasa Kurir/Pengiriman Barang (PT Pos Indonesia, TIKI, Pandi Siwi Sentosa)
  8. Travel Agent (Manorian Travel, Panorama Tours)
  9. Jasa Travel Antar Kota ( Bintang Prima, Piposs, Alam Indah)
  10. Maskapai Penerbangan ( Garuda Indonesia, Merpati)
  11. Hotel Melati (Hotel Harapan, Hotel Qu)
  12. Hotel Berbintang (Grand Clarion Hotel, Sahid Jaya Hotel, Makassar Golden Hotel)
  13. TV Satelit Berlangganan ( Indovision, Telkom Vision )
  14. Karaoke Keluarga (Inul Vista, Nav, Happy Puppy)
  15. Ballroom Wedding (Grand Clarion Hotel, Lasharan Garden, Bambuden)
  16. Salon Bridal/Salon Rias Pengantin (Jessyln, Amang Salon, Sayonara Salon)
  17. Salon Kecantikan (Martha Tilaar, Sayonara Salon, Hermin Salon)
  18. SPA (Delta Spa, My Place Spa )
  19. Klinik Kecantikan (Madame Corner, Lyraas Skin Care)
  20. Fitnes Center (Bugar Fitness, Impression, Glama Gaya)
  21. Restoran Seafood (RM. Dinar, RM. Khayangan, RM. Lae – Lae)
  22.   Tailor/Penjahit (Jakarta Tailor, Emerald Tailor, Sony Tailor)
  23. Restoran Chinesefood ( Restoran Surya, Bambuden, Mie Titi )
  24. Restoran Fastfood (KFC, Pizza Hut, Mc Donald’s )
  25. Catering (Glory, Melati, Seruni )
  26. Minimarket (Alfamart, Indomaret, Indo Murah)
  27. Fruit Market /Toko Buah (Segar Buah, Fruits Market, Aneka Buah)
  28. Baby Shop /Toko Perlengkapan Bayi (Aliyah Baby Shop, Audrey Baby Shop, Megumi Gift & Baby Shop)
  29. Toko Buku (Gramedia, Grahamedia)
  30. Café ( Kampung Popsa, Phoenam )
  31. Kids Zona/ Playground (Zone 2000, Time Zone)
  32. Cake & Bakery /Toko Kue & Roti (Holand Bakery, Olympic Bakery)
  33. Supermarket (Hypermart, Carrefour, Lottemart)
  34. Department Store (Matahari, Metro)
  35. Mall (Trans Studio Mall, Mall Panakkukang , Panakkukang Square)
  36. Laundry & Dry Cleaning (Makassar Laundry, 5aSec, Martinizing)
  37. Service Center Kartu GSM (Telkomsel, Indosat)
  38. Service Center Handphone (Nokia, Sony Mobile, LG)
  39. Service Center Elektronik (TV, Kulkas, DVD, AC, Mesin Cuci, dll) ; (Samsung, Sony, LG)
  40. Perusahaan Pembiayaan Mobil (ACC, Oto Multi Artha, Adira Finance )
  41. Perusahaan Pembiayaan Motor ( FIF, Adira Finance, Summit Oto Finance )
  42. Perusahaan Pembiayaan Elektronik (Kredit Plus, Adira Quantum)
  43. Perusahaan Rental Kendaraan (Kalla Rent, Assa Rent Car, Ambassador Rent Car)
  44. Bank Tabungan (BRI, BNI, Bank Mandiri)
  45. Bank Kredit Perumahan (Bank Mandiri, BTN, BRI)
  46. Bank Syariah (Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah)
  47. Asuransi Jiwa (Axa Life, Jamsostek )
  48. Asuransi Kendaraan Mobil (Autocillin (Adira), ACA )
  49. Asuransi Kesehatan (Askes, Prudential )
  50. Asuransi Motor (Adira Insurance, Astra Buana,
  51. Rumah Sakit Bersalin (Budi Mulia, Fatimah, Catherine Booth )
  52. Rumah Sakit Umum (Wahidin Sudiro Husodo, Haji, Pelamonia)
  53. Laboratorium Klinik (Ratulangi Medical Center, Prodia)
  54. Apotek (Apotek Andhika, Kimia Farma)
  55. Kantor Kecamatan (Tamalanrea, Panakkukang)
Penulis : Susana Irwan
Editor : Salmawati

Master Service Award 2012


Kepuasan pelanggan telah menjadi titik kritis bagi perusahaan untuk dapat mendapatkan kepemimpinannya dipasar. Bahkan seiring dengan perkembangan dunia service di Indonesia, kini para penyedia jasa dituntut tidak hanya sekedar memberikan layanan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen namun telah menjadi beyond expectation dari para konsumen. 

Setelah sukses menyelenggarakan survey Master Service 2011 lalu, tahun ini, Makassar Terkini kembali bekerjasama dengan Makassar Research melakukan survey Master Service 2012. Survey ini dilakukan didaerah Makassar dengan melibatkan 1.000 orang responden. Metodologi pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. 

Projeck manajer Makassar Research, Andi Alamsyah mengatakan, Master Service 2012 berbeda dengan Master Service 2011. “Tahun lalu, jumlah kategori yang kami survey sebanyak 46 kategori dan tahun ini bertambah menjadi 55 kategori,” jelasnya.

Adapun 10 kategori yang pada tahun 2011 tidak disurvey dan tahun ini disurvey antara lain: Kategori Apotek, kategori Baby Shop, kategori Rental Kendaraan, kategori Laundry & Dry Cleaning, kategori Book Store, kategori Fitness Center, kategori Spa, kategori Hotel Melati, dan kategori Mall.

Pemenang Master Service Award 2012 dipilih berdasarkan nilai tertinggi dari Master Service Index yang terdiri dari tiga para meter pengukuran yaitu tangible, people, process. Dari 55 kategori industri yang disurvey diperoleh sebanyak 144 perusahaan yang masuk sebagai master Service 2012. Penganugerahan Master Service Award 2012, akan berlangsung pada 5 Juli 2012 di Hotel Sahid Makassar.

Penulis : Susana Irwan
Editor : Salmawati